Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendapat Bantuan DP Rumah Dari BPJS Ketenagakerjaan

Pada artikel kali ini saya akan membahas Cara Mendapat Bantuan DP atau Uang muka Rumah Dari BPJS Ketenagakerjaan. Informasi ini saya peroleh dari Pekanbaru-Riau Property, sebuah agen jual beli property di wilayah Pekanbaru dan Riau.

Kredit Rumah BPJS Ketenagakerjaan

Tentunya ini merupakan berita gembira bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan atau yang dahulu disebut Jamsostek. Kini peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mendapatkan bantuan uang muka rumah (KPR) mulai dari 20 juta hingga 50 juta rupiah tergantung dari tingkatan gaji yang diterima oleh perusahaan di tempatnya bekerja.

Salah satu bentuk kepedulian BPJS Ketenagakerjaan terhadap seluruh pesertanya ini dilaksanakan melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) yang dinamai Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank (PUMP-KB).

Dengan adanya fasilitas ini diharapkan semakin banyak perusahaan yang mau mendaftarkan tenaga kerjanya untuk menjadi peserta jamsostek bagi kesejahteraan masa depan mereka. Persyaratan PUMP-KB Melalui Kerja Sama Bank Persyaratan Penanggung Jawab Pengurusan PUMP-KB (Perusahaan Peserta atau Koperasi Karyawan)

1. Perusahaan telah terdaftar sebagai peserta program Jamsostek minimal 1 (satu) tahun.

2. Perusahaan tertib administrasi kepesertaan dan pembayaran iuran program Jamsostek (tidak ada tunggakan iuran).

3. Pejabat Penanggung Jawab Pengurusan PUMP pada Perusahaan minimal adalah Manajer Personalia/SDM (Penanggung Jawab Bagian SDM).

4. Koperasi Karyawan yang telah mendapatkan surat kuasa dari perusahaan untuk pengurusan PUMP.

5. Koperasi Karyawan telah berdiri minimal 1 (satu) tahun.

6. Pejabat Penanggung Jawab Pengurusan PUMP pada Koperasi Karyawan minimal adalah Pimpinan Koperasi.

7. Perusahaan atau Koperasi Karyawan mengisi dan menandatangani formulir yang disediakan oleh PT. Jamsostek (Persero).

Persyaratan Tenaga Kerja (TK) untuk PUMP-KB

1. Telah terdaftar sebagai peserta aktif program BPJS Ketenagakerjaan minimal 1 (satu) tahun.

2. Khusus untuk PUMP-KB, TK belum memiliki rumah sendiri yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai cukup dari tenaga kerja peserta Jamsostek (format terlampir).

3. Memenuhi ketentuan upah sebagai berikut:

1) Bagi tenaga kerja dengan upah yang dilaporkan ke PT.Jamsostek (Persero) sampai dengan Rp.5.000.000,- (lima juta rupiah) diberikan Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank maksimal sebesar Rp.20.000.000,- (dua puluh juta rupiah)

2) Bagi tenaga kerja dengan upah yang dilaporkan ke PT.Jamsostek (Persero) diatas Rp.5.000.000,- sampai dengan Rp.10.000.000 (lima juta rupiah sampai dengan sepuluh juta rupiah) diberikan Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank maksimal sebesar Rp. 35.000.000,- (tiga puluh lima juta rupiah)

3) Bagi tenaga kerja dengan upah yang dilaporkan ke PT.Jamsostek (Persero) lebih besar dari Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) diberikan Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank maksimal sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah)

4. Mendapat Surat Keterangan masih aktif bekerja dari perusahaan

5. Surat Rekomendasi dari PT.Jamsostek (Persero) memenuhi persyaratan kepesertaan.

6. Tidak memiliki pinjaman lainnya dari PT. Jamsostek (Persero).

Bank Penyalur yang kerjasama dengan PT. Jamsostek (Persero):

1. Bank Tabungan Negara (BTN)
2. Bank Syariah Mandiri (BSM)
3. Bank Negara Indonesia (BNI)
4. Bank Bukopin
5. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
6. Bank Jabar

Prosedur Singkat

1. Tenaga kerja mengajukan Permohonan Pinjaman Uang Muka Perumahan Kepada PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang sesuai kepesertaannya, melalui surat pengajuan dari Perusahaan.

2. PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang akan melakukan verifikasi data pemohon.

3. Bila pemohon memenuhi persyaratan sesuai dengan point C diatas, maka PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang akan mengeluarkan surat Rekomendasi Kepada Kantor Cabang Bank yang akan memproses PUMP-KB, dan akan ditembuskan kepada Perusahaan dan Tenaga Kerja.

4. Bila pemohon tidak memenuhi persyaratan, maka PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang akan mengeluarkan surat Penolakan kepada Perusahaan.

5. Tenaga kerja memproses PUMP-KB dan KPR di Bank Penyalur.

6. Bank Penyalur melakukan verifikasi dan analisa kredit.

7. Bila Tenaga Kerja memenuhi persyaratan pengambilan KPR oleh Bank Penyalur maka akan dilakukan Akad Kredit.

8. Tenaga kerja dapat menempati rumah yang di beli.

9. Tenaga kerja melakukan pembayaran angsuran PUMP-KB dan KPR melalui Bank Penyalur.

Demikian Cara Mendapat Bantuan DP Rumah Dari BPJS Ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat.

Diskusi JHT: (Tanya Jawab Seputar Pencairan JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan)

11 komentar untuk "Cara Mendapat Bantuan DP Rumah Dari BPJS Ketenagakerjaan"

  1. selamat siang, saya mau nanyain pengajuan jht, pencairan jht nya bulan april 2016 bisa ngga kalau ngga pake surat dari depanker. tapi persyaratan sudah lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika berhenti bekerja karena mengundurkan diri (resign), dokumen tambahannya adalah:

      Jika berhenti bekerja setelah 1 september 2015, wajib membawa Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Ingat bukan surat dari depnaker, tapi dari perusahaan yang dilaporkan ke depnaker. Fotocopynya saja...

      Hapus
  2. Selamat pagi.. mau tanya untuk surat yg di laporkan ke depnaker harus depnaker domisili perusahaan apa depnaker sesuai ktp..

    BalasHapus
  3. Saya mau tanya nih....kalau saya sudah mengambil 10% dari dana Jamsostek,apakah saya masih bisa untuk PUMP buat perumahan KPR???

    BalasHapus
  4. Saya mau tanya , apakah pasti bisa dp rumah dengan sistem PUMP soalnya saya dengar banyak yang tidak dacc, terima kasih

    BalasHapus
  5. permisi numpang tanya klo dana pinjaman dari BPJS pump kb dan pembayaran kpr itu hitungannya gmn ya? apa pump kb+kpr trus hasilnya dibagi 15 tahun( contoh masa angsuran ) atau pump kb sendiri dan dibatasi cuman sekian taun dan yg angsuran KPR 15 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman dana koperasi online untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini: Informasi Peminjam: Nama lengkap: _______________ Negara: __________________ Sex: ______________________ Umur: ______________________ Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______ Durasi Pinjaman: ____________ Tujuan pinjaman: _____________ Nomor ponsel: ________ Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui tlp ataw sms di 082311580308

      Hapus
  6. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman dana koperasi online untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini: Informasi Peminjam: Nama lengkap: _______________ Negara: __________________ Sex: ______________________ Umur: ______________________ Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______ Durasi Pinjaman: ____________ Tujuan pinjaman: _____________ Nomor ponsel: ________ Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui tlp ataw sms di 082311580308,,,

    BalasHapus
  7. permisi numpang tanya,untuk masalah angsurannya bagamana?

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    BalasHapus