Sabtu, 19 Maret 2016

Cara Mendapat Bantuan DP Rumah Dari BPJS Ketenagakerjaan

Pada artikel kali ini saya akan membahas Cara Mendapat Bantuan DP atau Uang muka Rumah Dari BPJS Ketenagakerjaan. Informasi ini saya peroleh dari Pekanbaru-Riau Property, sebuah agen jual beli property di wilayah Pekanbaru dan Riau.

Kredit Rumah BPJS Ketenagakerjaan

Tentunya ini merupakan berita gembira bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan atau yang dahulu disebut Jamsostek. Kini peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mendapatkan bantuan uang muka rumah (KPR) mulai dari 20 juta hingga 50 juta rupiah tergantung dari tingkatan gaji yang diterima oleh perusahaan di tempatnya bekerja.

Salah satu bentuk kepedulian BPJS Ketenagakerjaan terhadap seluruh pesertanya ini dilaksanakan melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) yang dinamai Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank (PUMP-KB).

Dengan adanya fasilitas ini diharapkan semakin banyak perusahaan yang mau mendaftarkan tenaga kerjanya untuk menjadi peserta jamsostek bagi kesejahteraan masa depan mereka. Persyaratan PUMP-KB Melalui Kerja Sama Bank Persyaratan Penanggung Jawab Pengurusan PUMP-KB (Perusahaan Peserta atau Koperasi Karyawan)

1. Perusahaan telah terdaftar sebagai peserta program Jamsostek minimal 1 (satu) tahun.

2. Perusahaan tertib administrasi kepesertaan dan pembayaran iuran program Jamsostek (tidak ada tunggakan iuran).

3. Pejabat Penanggung Jawab Pengurusan PUMP pada Perusahaan minimal adalah Manajer Personalia/SDM (Penanggung Jawab Bagian SDM).

4. Koperasi Karyawan yang telah mendapatkan surat kuasa dari perusahaan untuk pengurusan PUMP.

5. Koperasi Karyawan telah berdiri minimal 1 (satu) tahun.

6. Pejabat Penanggung Jawab Pengurusan PUMP pada Koperasi Karyawan minimal adalah Pimpinan Koperasi.

7. Perusahaan atau Koperasi Karyawan mengisi dan menandatangani formulir yang disediakan oleh PT. Jamsostek (Persero).

Persyaratan Tenaga Kerja (TK) untuk PUMP-KB

1. Telah terdaftar sebagai peserta aktif program BPJS Ketenagakerjaan minimal 1 (satu) tahun.

2. Khusus untuk PUMP-KB, TK belum memiliki rumah sendiri yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai cukup dari tenaga kerja peserta Jamsostek (format terlampir).

3. Memenuhi ketentuan upah sebagai berikut:

1) Bagi tenaga kerja dengan upah yang dilaporkan ke PT.Jamsostek (Persero) sampai dengan Rp.5.000.000,- (lima juta rupiah) diberikan Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank maksimal sebesar Rp.20.000.000,- (dua puluh juta rupiah)

2) Bagi tenaga kerja dengan upah yang dilaporkan ke PT.Jamsostek (Persero) diatas Rp.5.000.000,- sampai dengan Rp.10.000.000 (lima juta rupiah sampai dengan sepuluh juta rupiah) diberikan Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank maksimal sebesar Rp. 35.000.000,- (tiga puluh lima juta rupiah)

3) Bagi tenaga kerja dengan upah yang dilaporkan ke PT.Jamsostek (Persero) lebih besar dari Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) diberikan Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank maksimal sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah)

4. Mendapat Surat Keterangan masih aktif bekerja dari perusahaan

5. Surat Rekomendasi dari PT.Jamsostek (Persero) memenuhi persyaratan kepesertaan.

6. Tidak memiliki pinjaman lainnya dari PT. Jamsostek (Persero).

Bank Penyalur yang kerjasama dengan PT. Jamsostek (Persero):

1. Bank Tabungan Negara (BTN)
2. Bank Syariah Mandiri (BSM)
3. Bank Negara Indonesia (BNI)
4. Bank Bukopin
5. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
6. Bank Jabar

Prosedur Singkat

1. Tenaga kerja mengajukan Permohonan Pinjaman Uang Muka Perumahan Kepada PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang sesuai kepesertaannya, melalui surat pengajuan dari Perusahaan.

2. PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang akan melakukan verifikasi data pemohon.

3. Bila pemohon memenuhi persyaratan sesuai dengan point C diatas, maka PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang akan mengeluarkan surat Rekomendasi Kepada Kantor Cabang Bank yang akan memproses PUMP-KB, dan akan ditembuskan kepada Perusahaan dan Tenaga Kerja.

4. Bila pemohon tidak memenuhi persyaratan, maka PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang akan mengeluarkan surat Penolakan kepada Perusahaan.

5. Tenaga kerja memproses PUMP-KB dan KPR di Bank Penyalur.

6. Bank Penyalur melakukan verifikasi dan analisa kredit.

7. Bila Tenaga Kerja memenuhi persyaratan pengambilan KPR oleh Bank Penyalur maka akan dilakukan Akad Kredit.

8. Tenaga kerja dapat menempati rumah yang di beli.

9. Tenaga kerja melakukan pembayaran angsuran PUMP-KB dan KPR melalui Bank Penyalur.

Demikian Cara Mendapat Bantuan DP Rumah Dari BPJS Ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat.

****
Diskusi JHT: (Tanya Jawab Seputar Pencairan JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan)

10 komentar

selamat siang, saya mau nanyain pengajuan jht, pencairan jht nya bulan april 2016 bisa ngga kalau ngga pake surat dari depanker. tapi persyaratan sudah lengkap

Jika berhenti bekerja karena mengundurkan diri (resign), dokumen tambahannya adalah:

Jika berhenti bekerja setelah 1 september 2015, wajib membawa Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat, dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Ingat bukan surat dari depnaker, tapi dari perusahaan yang dilaporkan ke depnaker. Fotocopynya saja...

Selamat pagi.. mau tanya untuk surat yg di laporkan ke depnaker harus depnaker domisili perusahaan apa depnaker sesuai ktp..

Saya mau tanya nih....kalau saya sudah mengambil 10% dari dana Jamsostek,apakah saya masih bisa untuk PUMP buat perumahan KPR???

Saya mau tanya , apakah pasti bisa dp rumah dengan sistem PUMP soalnya saya dengar banyak yang tidak dacc, terima kasih

ini kisah nyata saya . . . .

perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

permisi numpang tanya klo dana pinjaman dari BPJS pump kb dan pembayaran kpr itu hitungannya gmn ya? apa pump kb+kpr trus hasilnya dibagi 15 tahun( contoh masa angsuran ) atau pump kb sendiri dan dibatasi cuman sekian taun dan yg angsuran KPR 15 tahun

PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman dana koperasi online untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini: Informasi Peminjam: Nama lengkap: _______________ Negara: __________________ Sex: ______________________ Umur: ______________________ Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______ Durasi Pinjaman: ____________ Tujuan pinjaman: _____________ Nomor ponsel: ________ Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui tlp ataw sms di 082311580308

PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman dana koperasi online untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini: Informasi Peminjam: Nama lengkap: _______________ Negara: __________________ Sex: ______________________ Umur: ______________________ Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______ Durasi Pinjaman: ____________ Tujuan pinjaman: _____________ Nomor ponsel: ________ Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui tlp ataw sms di 082311580308,,,

permisi numpang tanya,untuk masalah angsurannya bagamana?

Silakan berkomentar dengan tertib dan sopan sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. :)
EmoticonEmoticon